-->
  • Beberapa Tutorial Microsoft Word 2010

    ms.word khususnya ms.word 2010 banyak digunakan segala kalangan dari siswa,mahasiswa dan para profesional. maka dari itu saya akan memposting beberapa tutorial ms,word 2010 agar semakin mempertajam keahlian menggunakan ms.word ,semoga bermanfaat bagi yang membaca nya...
    .

    Tab Stops

    Membuat tab stop dapat membantu saat membuat sejumlah besar dokumen-dokumen seperti brosur, daftar isi atau bahkan ketika membuat resume. Mereka membantu untuk menampilkan dan berbaris informasi dengan benar.

    Setting Manual Tab Stops
    1. Klik tab di selector ujung kiri penggaris sampai menampilkan jenis tab yang Anda inginkan.

    2. Kemudian klik pada penggaris di bagian atas halaman Anda, di mana Anda ingin mengatur tab stop.

    Berbagai jenis tab stop ditemukan pada penggaris adalah:
    • Left Tab stop set posisi awal teks yang kemudian akan berjalan ke kanan ketika mengetik.
    • Center Tab stop set posisi dari tengah teks. Teks akan berpusat pada posisi ini ketika mengetik
    • Right Tab stop set ujung kanan teks. Saat mengetik, teks bergerak ke kiri
    • Decimal Tab stop menyelaraskan angka sekitar titik desimal. Independen dari jumlah digit, titik desimal akan berada dalam posisi yang sama. (Anda dapat menyelaraskan nomor disekitar karakter desimal saja)
    •      Bar Tab stop tidak memposisi teks. Ini menyisipkan vertikal bar pada posisi tab

    CATATAN: Tab stop dapat ditarik ke kiri atau kanan bersama ruler ke posisi yang berbeda. Hanya Klik dan tahan tab stop pada ruler kemudian tarik ke mana pun sesuai diinginkan.

    Mengatur Tab Stop Secara Detail

    Jika tab stop diinginkan di posisi yang tepat yang tidak bisa didapatkan dengan mengklik ruler, atau jika Anda ingin menyisipkan karakter tertentu (leader) sebelum tab, Anda dapat menggunakan kotak dialog Tabs.


    1. Klik tab Home, klik Paragraph Dialog Box Launcher

    2. Sebuah kotak Paragraf akan muncul, klik pada tombol Tab di bagian bawah kiri kotak dialog




    3. Sebuah kotak dialog Tabs akan muncul

    4. Di bawah posisi area Tab stop, ketik lokasi di mana Anda ingin mengatur tab stop. Tekan Enter

    5. Di bawah Alignment, klik jenis tab stop yang diinginkan. Lihat tabel di atas untuk penjelasan berbagai jenis tab stop.

    6. Untuk menambahkan titik dengan tab stop, atau menambah tipe leader, klik opsi yang Anda inginkan di bawah Leader

    7. Klik Set

    8. Ulangi Langkah 4-5 untuk menambah tab stop lainnya, atau klik OK

    9. Kotak dialog Tab akan hilang dan Anda seharusnya melihat tab Anda pada penggaris dokumen

    Hapus Tab Stop

    Tab stop dapat dihapus dalam berbagai cara, yang paling sederhana arahkan ke ruler, klik dan tahan pada tab stop dan tarik ke bawah ke arah dokumen. Tab stop akan hilang. Untuk cepat menghapus beberapa tab stop:

    1. Klik tab Home, klik Paragraph Dialog Box Launcher

    2. Sebuah kotak Paragraf akan muncul, klik pada tombol Tabs disebelah kiri kotak dialog

    3. Sebuah kotak dialog Tabs akan muncul

    4. Dalam daftar di bawah posisi Tab stop, klik posisi tab stop yang ingin Anda bersihkan, dan kemudian klikClear. Untuk menghapus spasi dari semua panduan tab stop, klik Clear All

    5. Klik OK

    Membuat SmartArt Grafis


    1. Pada tab Insert, dalam Ilustrasi Group, klik SmartArt

    2. Pada kotak dialog Choose a SmartArt Graphic, klik jenis dan tata letak yang diinginkan






    3. Masukkan teks dengan melakukan salah satu hal berikut ini:
    •        Klik [Text] di panel Teks, dan kemudian ketik teks
    •          Salin teks dari lokasi lain, klik [Text] di panel Teks, dan kemudian paste teks


    Memformat SmartArt Grafis

    Variasi warna dan bentuk dalam SmartArt grafis dapat diatur

    11.  Klik SmartArt grafis
    22. Dalam SmartArt Tools, pada tab Design, dibagian SmartArt Styles group




    33. Pilih Style SmartArt yang ingin diterapkan untuk menambah style garis bevels atau efek 3-D

    44. Di SmartArt Styles group dapat juga mengkklik Change Colors untuk lebih memodifikasi SmartArt grafis

    55. Klik variasi warna yang diinginkan




    Styles

    Styles atau bentuk format bertujuan untuk mempemudah dalam menjaga konsistensi penulisan mengikuti aturan tata tulis tertentu. Aturan tata tulis yang sudah ditentukan diatur dalam styles tertentu. Styles dapat dilihat pada tab Home di bagian Style group.



    Microsoft Word 2010 menyediakan banyak styles set yang bisa langsung dipakai, antara lain : Black and White (default) Distintive, Elegant, Fancy, Formal, Manuscript dan lain sebagainya. Styles set dapat dilihat dengan mengklik pada tombol Chenge Styles > Styles set.



    Pada tiap styles set terdiri dari beberapa styles antara lain : Normal, Title, Sub title, Heading 1, Heading 2, Heading 3 dan sebagainya.
    Aturan pada styles tersebut adalah default dari Microsoft Word.

    Mengedit tata tulis pada Styles

    Seringkali dalam pembuatan dokumen diminta mengikuti aturan tata tulis tertentu yang tidak sesuai dengan tata tulis dalam Styles yang disediakan oleh Microsoft Word secara default. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan modify pada Styles.

    1. Pilih styles yang ingin diubah

    2. Klik kanan pada nama styles tersebut

    3. Pilih Modify


    4. Setelah tampil kotak modify style, isikan sesuai tata tulis yang dikehendaki, misal untuk judul bab, yaitu Times New Roman, Bold, ukuran 12, tulisan rata kiri

    5. Klik tombol Format akan terlihat pilihan tata tulis yang bisa diatur




    MENGIRIM EMAIL DENGAN MAIL MERGE

    Dengan fitur Start Mail Merge pekerjaan membuat surat sebanyak apapun akan terasa menyenangkan dan cepat. Karena di sini cukup membuat satu surat, kemudian data yang akan menerima surat tersebut dibuat secara terpisah dengan memanfaatkan aplikasi database lain atau fitur yang memang sudah tersedia di Microsoft Word 2010 itu sendiri.
    Contoh kasus yang dipakai untuk latihan mail merge adalah pembuatan formulir pendaftaran yang akan diisikan data peserta.

    1. Pertama kali yang harus dibuat dokumen induk /dokumen utama, dalam contoh mungkin bisa di lihat di bawah ini

    2. Setelah dokumen induk selesai simpan dengan nama contoh “Formulir”. Kemudian klik tab   menu Mailings.
    3. Kemudian pilih Step by Step Mail Merge Wizard.




    44. Pada kotak dialog yang muncul, pilih Letters pada bagian Select document type. Kemudian klik Next: Starting document.



    5. Kemudian pada step selanjutnya, pilih Use the current document, klik Next.



    56.   Pada Step yang ketiga ini, sumber data diatur (datasource) untuk mail merge. Sumber data dalam contoh kali ini adalah sebagai berikut :



    67.  Pilih Type a new list kemudian klik teks Create. Kemudian klik Next :Write your letter.


    78.  Pada kotak dialog yang muncul, judul dari kolom tidak sesuai dengan dokumen induk kita. Klik tombol Customize Columns, kemudian pilih Field Name yang akan diganti, klik tombol Rename.



    89.  Ketikkan Nama pada Change field name. Setelah selesai klik tombol OK. Lakukan hal yang sama untuk field yang lain.
    910.  Untuk menghapus field yang tidak digunakan, pilih field yang akan dihapus, klik tombol Delete, kemudian klik Yes. Lakukan untuk menghapus field yang lain.
    111.  Kemudian klik tombol OK, dan mulailah mengisikan datanya. Untuk menambah data yang baru klik tombol New Entry.
    112.  Setelah semua data diinput, klik tombol OK .
    113.  Kemudian tentukan tempat penyimpanan, dan ketikkan nama data sourcenya misal adalah test. Kemudian klik tombol Save.


    114.  Kemudian klik Next : Write your letter. Pada kotak dialog yang muncul, letakkan kursor di sebelah field nama, kemudian klik More Item, Pilih field Nama, kemudian klik Insert. Lakukan untuk memasukkan field yang lainnya.
    115.  Klik tombol Next : Write your letter.
    116.  Pada step ini anda dapat melihat masing–masing isi datanya dengan mengklik Preview your letter.
    117.  Jika ingin melihat formulir dengan data berikutnya, silakan klik tanda >>. Dan untuk melihat data sebelumnya silakan klik tanda <<.
    118.   Untuk mengakhiri pembuatan formulir, klik Next: Complete the merge
    119.  Untuk mencetak formulir, klik Print .
    s


    SELESAI .


















  • You might also like

    No comments: